Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan Program Profesi Insinyur (PPI) melalui dua mode pembelajaran program profesi, yaitu program regular dan program Rekognisi Pembelajaran Lampau.

PPI IPB reguler terbuka untuk para sarjana teknik atau terapan teknik yang dinilai belum cukup memiliki pengalaman praktik keinsinyuran (memiliki pengalaman praktik keinsinyuran kurang dari 2 tahun). Disamping itu program reguler juga terbuka untuk para lulusan sarjana sains dan sarjana pendidikan teknik yang telah disetarakan dengan kualifikasi sarjana teknik (yaitu setara pengalaman praktik lebih dari 3 tahun).  Program penyetaraan adalah proses penyandingan dan pengintegrasian capaian pembelajaran yang diperoleh melalui pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja untuk sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang diselenggarakan oleh PPI IPB. Pembelajaran pada program reguler dilaksanakan dalam waktu 2 semester. Proses pembelajaran mencakup pertemuan tatap muka, tutorial, FGD, tugas bacaan, role play, pre- dan post-test, pelaksanaan tugas mandiri dan tugas kelompok (misalnya project/problem-based learning, dan collaborative-based learning), keterlibatan dalam pertemuan ilmiah, penulisan proposal dan pelaporan proyek keinsinyuran, dan presentasi oral.

Yang dimaksud dengan RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja di dalam sektor pendidikan maupun sektor lainnya. Program PPI IPB melalui RPL terbuka untuk para lulusan sarjana teknik atau terapan teknik yang dinilai telah cukup memiliki pengalaman praktik keinsinyuran (lebih dari 2 tahun) atau untuk para lulusan sarjana sains dan sarjana pendidikan teknik yang telah memenuhi persyaratan penyetaraan (setara dengan praktik keinsinyuran 3 tahun) dan pengalaman praktik keinsinyuran yang memadai (lebih dari 2 tahun). RPL dilakukan melalui penilaian dan pengakuan portofolio peserta terhadap persyaratan satuan kredit semester (SKS) yang telah ditetapkan oleh PPI IPB. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan kurikulum PPI IPB. Pembelajaran pada program RPL dilaksanakan dalam waktu 1 semester.  Proses pembelajaran, asesmen dan persyaratan kelulusan pada dasarnya sama dengan proses dan persyaratan pada program reguler.

Program Profesi Insinyur IPB menawarkan 7 bidang kejuruan keinsinyuran, yaitu:

  1. Pertanian dan Hasil Pertanian
  2. Perikanan dan Kelautan
  3. Peternakan
  4. Kehutanan
  5. Industri Pertanian
  6. Sipil dan Lingkungan
  7. Sains Terapan